BLANTERVIO103

Mengenal 23 obyek wisata di Purwokerto yang menarik untuk di kunjungi

Mengenal 23 obyek  wisata di Purwokerto yang menarik untuk di kunjungi
Minggu, 15 April 2018
Wisata Purwokerto-Purwokerto merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah.Wilayah Purwokerto sangat luas dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi.
Sehingga tak heran jika di Purwokerto menyimpan banyak sekali obyek wisata yang menarik. Obyek wisata yang ada di kabupaten tersebut mulai dari obyek wisata keluarga sampai dengan wisata alam yang sangat menarik dan wajib untuk anda kunjungi. Apa saja sih obyek wisata di Purwokerto ini?



Berikut lengkapnya.

1.Wisata Baturaden di kecamatan Baturraden,Purwokerto

Baturaden

Baturraden termasuk objek wisata favorit yang wajib Anda kunjungi. Letaknya tepat di lereng Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Obyek wisata Baturraden merupakan obyek wisata keluarga yang menyajikan pemandangan kaki gunung Slamet yang sangat indah dengan suasana yang sangat sejuk. Banyak spot-spot menarik yang tentunya membuat anda betah berlama-lama di Baturraden. Bisa dibilang obyek wisata ini memiliki fasilitas hiburan yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas hiburan tersebut misalnya kolam renang anak, aneka macam permainan anak yang sangat seru, sepeda air, terapi ikan, dan pesawat terbang asli yang diubah menjadi teater pemutaran berbagai film pengetahuan untuk anak.


Lokasi wisata:  Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151,silahkan gunakan google map untuk lebih lengkap.



2.Miniatur Dunia Purwokerto (Small World)
Small World

Masih terletak di kecamatan yang sama, obyek wisata ini baru saja di buka pada September 2016. Keunikan dari obyek wisata tersebut adalah anda dapat berkeliling melihat miniatur bangunan keajaiban dunia yang terkenal dari berbagai Negara di seluruh belahan dunia. Lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata baru di Purwokerto yang paling bagus untuk di kunjungi.


3.Baturraden Adventure Forest

Batturaden Adventure Vorest

Merupakan wisata alam purwokerto yang berada di tengah hutan pinus kaki gunung Slamet. Disini anda dapat melakukan berbagai macam permainan outbond yang sangat seru dengan sensasi alam yang sangat sejuk. Pada wisata ini juga disediakan penginapan serta tenda yang disewakan jika anda ingin merasakan sensasi camping di hutan pinus.

Objek wisata ini berada dalam kompleks wisata alam Baturraden. Baturraden Adventure Forest atau yang biasa disebut BAF menawarkan pengalaman bertualang di alam terbuka. Terdapat beberapa program wisata yang mereka tawarkan, seperti misalnya mountain adventure, water adventure, tree adventure, dan eco adventure.

Dari masing-masing program, terbagi lagi menjadi dua pilihan paket wisata. Paket wisata satu hari dan paket wisata setengah hari, dengan tarif masing-masing Rp230.000 dan Rp150.000. Tarif ini sudah termasuk desain dan kelengkapan program, akomodasi, makan, camilan, tenaga medis, dan asuransi.



4.Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Batturaden

Salah satu tempat wisata di Purwokerto Jawa Tengah ini menyuguhkan keindahan alam hutan pinus dan juga keindahan bunga-bunga yang disusun menjadi berbagai bentuk dan tentunya sangat cantik. Bunga yang disusun terdiri dari berbagai warna yang menjadikan tempat ini ramai oleh para remaja sampai dengan keluarga untuk berfoto mengabadikan keindahan yang hanya ada di kebun raya Baturraden.


5.Pancuran 3

Pancuran Telu

Pancuran 3 terletak dikawasan lokasi wisata baturraden, pancuran ini merupakan pancuran yang mengeluarkan air panas asli dari perut bumi. Air panas mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit.

6.Pancuran 7

Pancuran 7

Pancuran Pitu Baturraden juga berhasil menjadi salah satu tempat wisata di Purwokerto yang wajib dikunjungi. Lokasinya masih terletak dalam kompleks wisata Baturraden. Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km. Kalau malas, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dengan melewati Bumi Perkemahan Baturraden.

Pancuran Pitu Baturraden menyajikan pemandangan alam yang elok. Selain itu, ada pula sumber air panas yang terpancar dari tujuh pancuran. Konon, kandungan belerang dari sumber air panas ini bisa menghilangkan segala penyakit kulit, seperti gatal-gatal ataupun jerawat. Tertarik untuk mencoba?

Oh ya, tidak jauh dari situ (sekitar 50 meter), ada pula objek wisata Goa Sarabadak yang menyajikan wisata goa lengkap dengan tebing keemasan yang unik. Anda bisa menyaksikan air panas yang bersumber dari Pancuran Pitu Baturraden, mengalir di sepanjang tebing dengan kepulan uap panas. Endapan belerang dari air itulah yang membuat tebing berwarna kekuningan.

7.Telaga sunyi

Telaga sunyi

Telaga ini menjadi salah satu wisata favorit bagi yang suka bermain air. Air yang mengaliri telaga sunyi ini berasal dari sumber mata air gunung Slamet yang menjadikan air sangat dingin dan segar.

Sesuai namanya, tempat wisata di Purwokerto ini memang masih sunyi karena jauh dari hiruk pikuk kota dan hunian penduduk. Wisatawan pun belum banyak yang berdatangan karena memang belum banyak yang mengetahuinya. Padahal, di balik namanya yang tampak “kesepian”, ia memiliki pemandangan yang begitu memesona.

Air di tempat wisata ini sangat jernih karena berasal dari mata air alami Gunung Slamet. Berlokasi di tengah-tengah hutan, kesejukan udara dan suasana tenang pun bisa Anda peroleh saat berada di kawasan Telaga Sunyi.

Anda bisa berenang, menyelam, dan mengobservasi bebatuan indah yang ada di dasar telaga. Jangan lupa untuk berburu foto di bawah air, sebagaimana yang biasa dilakukan pengunjung lainnya.

Adapun fasilitas di sini cukup memadai, seperti misalnya kamar mandi dan tempat berganti pakaian yang telah disiapkan oleh pengelola. Bujet yang diperlukan juga tidak terlalu mahal, hanya Rp13.000 untuk tiket masuk dan Rp3.000 untuk parkir kendaraan. Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 15-20 menit dari Kota Purwokerto.

Mungkin sedikit saran yang bisa kami sampaikan ialah, tempat wisata di Purwokerto ini lebih cocok untuk Anda yang bisa berenang karena kedalaman telaga mencapai 3 km.

8.Curug Telu

Curug Telu


Masih di kawasan kecamatan Baturraden, curug telu ini menjadi salah satu curug yang dimanfaatkan untuk menyuplai air masyarakat. Namun curug ini memiliki panorama yang sangat indah sehingga menjadikan warga sekitar mengelola curug ini sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

9.Curug Bayan

Curug Bayan

Curug ini juga masih berada di kawasan Baturraden dan sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Disamping curug terdapat penginapan dengan pondok-pondok yang unik.

10.Curug-gomblang

Curug Gomblang

Curug atau air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata Purwokerto dan sekitarnya yang sedang nge-hits karena menyuguhkan kecantikan air tejun dengan spot yang sangat menawan. Aliran curug ini sangat tinggi menghantam sungai yang menjadikan wisatawan sudah dapat merasakan kesegarannya dari kejauhan. Pemandangan yang memikat hati ini menjadikan banyak wisatawan mengabadikan momen dengan berfoto. Curug ini bisa dikatakan menjadi tempat wisata di Purwokerto yang wajib dikunjungi karena memiliki pesona pemandangan alam eksotik. Akses menuju ke curug gomblang cukup ekstrem karena kurang lebih 1 km jalan menuju curug hanya terbuat dari susunan batu yang membuat jalan menjadi cukup licin dan sangat terjal. Untuk anda yang menggunakan kendaraan motor harus berhati-hati.

Ini merupakan salah satu air terjun ‘curug’ yang sedang hits di Purwokerto. Meski curug ini tidak terlalu tinggi, pemandangan yang dimiliki sangat menakjubkan. Terlebih terdapat beberapa spot berfoto yang telah disediakan oleh pengelola. Melalui spot berfoto tersebut, pengunjung dapat mengambil gambar dengan latar Curug Gomblang.

Tempat wisata ini berada dalam jarak 17 km dari Kota Purwokerto dengan waktu tempuh sekitar 42 menit saja. Anda bisa memasuki kawasan tempat wisata di Purwokerto ini dengan dana yang cukup hemat, hanya Rp5.000 saja.

11.Curug ceheng

Curug Ceheng

Curug ini berada di tengah keindahan pemandangan hijau dan memiliki aliran airnya cukup tinggi. Curug ini dikelola dengan baik oleh para petugas sehingga bermain air di curug ini akan sangat menyenangkan dan aman.
12.Batur agung

Battur Agung

Lokasi tersebut merupakan lokasi yang dibangun untuk anda penyuka permainan outbond. Wisata Purwokerto ini terletak di kaki gunung Slamet tepatnya di desa Baseh kecamatan Kedung Banteng. Di lokasi wisata tersebut terdapat beraneka macam permainan yaitu flying fox, waterpark, kolam pemancingan, sampai dengan arung jeram kali Logawa.


13.Bukit Tranggulasih


Bukit Tranggulasih

Ini juga merupakan objek wisata yang cukup populer di Purwokerto, terlebih sejak tahun 2015 lalu. Menurut pengakuan beberapa wisatawan, Bukit Tranggulasih merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam).

Di Bukit Tranggulasih terdapat lima sisi dengan pemandangan yang berbeda-beda.Di bagian utara, ada deretan lereng Pegunungan Slamet yang begitu indah. Di bagian timur, Anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan sangat leluasa (dan tentunya sangat indah). Di timur laut, terdapat Bukit Cendana yang menjadi lokasi perkemahan yang cukup terkenal. Di bagian barat, Anda bisa melihat matahari terbenam yang begitu romantis. Terakhir, di bagian selatan, Anda bisa melihat pemandangan laut yang terbentang indah, lengkap dengan lanskap Kota Purwokerto yang dapat Anda pandangi dari atas bukit.



14.Bendungan Gerak Serayu

Bendungan Gerak Serayu

Bendungan gerak serayu juga dijadikan sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terkadang pada hari tertentu diadakan berbagai event menarik seperti festival kapal yang tentunya menarik perhatian banyak wistawan.

15.Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja

Tempat wisata Purwokerto ini berada di kecamatan Kebasen. Untuk menikmati keindahan panorama alam dari atas bukit, anda harus mendaki bukit selama kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki. Pada awal pendakian, jalan menuju bukit ini di kelilingi pohon bamboo, setelah sudah cukup tinggi dikelilingi oleh hutan pinus yang menjulang. Dari atas bukit ini anda dapat melihat pemandangan sungai serayu yang berlika-liku tentunya sangat menakjubkan. Hembusan angin diatas bukit ini cukup kencang. Tak perlu khawatir jika energy anda terkuras habis saat melakukan perjalanan menuju puncak bukit karena diatas bukit anda bisa menjumpai banyak pondok-pondok yang menyediakan makanan tradisional khas Purwokerto seperti pecel dan mendoan.

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Kebasean, Purwokerto. Untuk menikmati keindahan panorama bukit, Anda harus mendaki bukit selama kurang lebih 20 menit. Jadi, pastikan kondisi fisik Anda cukup mendukung, ya!

Pada awal pendakian, jalan menuju bukit ini dikelilingi oleh pohon bambu yang begitu rindang. Namun setelah cukup tinggi, pemandangan akan berganti menjadi hutan pinus yang asri seperti di Bogor, lengkap dengan sinar matahari yang mengintip dari balik dedaunan.

Setelah sampai di atas, Anda akan disambut pemandangan Sungai Serayu yang begitu indah. Jika dilihat dari atas ketinggian, sungai ini akan terlihat berlika-liku. Tentu saja, ini akan menjadi latar yang indah untuk menghiasi dinding Instagram Anda. Setelah lelah berfoto, Anda bisa menikmati embusan angin yang mengalun begitu lembut dan menenangkan.

Di atas bukit juga tersedia pondokan yang menjual aneka makanan tradisional khas Purwokerto, seperti misalnya pecel dan mendoan. Anda bisa “mengisi bensin” terlebih dahulu sebelum berjuang menuruni bukit.

16.Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum BRI 

Untuk anda yang ingin berwisata sejarah, museum ini bisa dijadikan destinasi wisata keluarga agar anak-anak anda mengerti sejarah dan dapat melihat secara langsung peninggalan sejarah yang masih tersimpan sampai saat ini.

Setelah puas menjelajahi keindahan alam Purwkerto, tidak ada salahnya Anda menelusuri tempat wisata bersejarah yang ada di Purwokerto. Salah satu objek wisata sejarah yang paling populer ialah Museum Bank Rakyat Indonesa.

Seperti yang kita ketahui, Bank BRI merupakan bank nasional tertua di Indonesia. Maka tidak heran jika dibuatkan sebuah museum. Museum ini berisi sejarah tentang Bank Plat Merah ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi uang-uang kuno yang mereka miliki, mulai dari uang kertas hingga uang koin. Di sini pun Anda bisa melihat peralatan/mesin perbankan yang dahulu digunakan untuk mengoperasikan sebuah bank.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke tempat wisata di Purwokerto ini di Jalan Sudirman No.57, Purwokerto.

17.Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman


Monumen Jendral Sudirman

Salah satu yang bisa dijadikan tujuan wisata di Purwokerto ini memiliki patung besar jenderal soedirman dan merupakan bangunan dua lantai berisi foto-foto sejarah panglima besar Jenderal Soedirman pada saat berjuang melawan penjajah.

18.Museum Wayang sendang Banyumas

Wayang Sendang

Tempat ini memiliki kumpulan wayang asli dari zaman dahulu hingga wayang modern seperti wayang kulit, wayang golek, wayang beber, wayang krucil, pusaka, benda purbakala, serta kitab.

19.Saka Tunggal Baitussalam, Masjid Tertua di Banyumas

Masjid Saka Tunggal

Tempat Wisata Purwokerto yang satu ini merupakan wisata sejarah yang beralamatkan di desa cikakak, kecamatan wangon. Lokasi ini dijadikan tempat wisata karena masjid ini menjadi petilasan salah satu wali. Disekitar lokasi masjid saka tunggal terdapat hutan pinus yang dihuni oleh kera dari jaman dahulu kala. Kera yang ada cukup jinak dan tidak mengganggu aktifitas warga sekitar.

Tida perlu bingung dengan peta wisata Purwokerto,silahkan gunakan google map untuk petunjuk arahnya. Tentunya tempat wisata di Purwokerto dan sekitarnya sangat recomended untuk menghabiskan waktu liburan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menentukan destinasi wisata baik bersama teman-teman, keluarga, ataupun bersama pasangan.

21.Pendakian Gunung slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta wisata alam. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, Gunung Slamet ditetapkan sebagai gunung tertinggi se-Jawa Tengah (dan kedua tertinggi di pulau Jawa setelah Gunung Semeru).

Untuk menaklukan gunung ini, terdapat tiga jalur yang dapat dilalui. Jalur selatan melalui Baturraden, jalur barat melalui Kaliwadas, dan jalur timur melalui Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut, jalur terakhir inilah (Bambangan) yang memiliki rute paling dekat. Selain memiliki jarak yang lebih dekat, pemandangan pada jalur ini juga yang paling indah. Anda bisa melihat kawanan kera yang “menemani” Anda selama mendaki.

Hal yang paling menakjubkan dari puncak Gunung Slamet ialah pemandangan awan yang terbentang luas sepanjang mata memandang. Anda pun dapat menikmati “negeri di atas awan” saat berada di tempat wisata di Purwokerto ini.

Ada sedikit tips untuk mendaki Gunung Slamet. Mendakilah ketika musim panas tiba, karena musim hujan akan membuat jalur pendakian terasa lebih licin. Selain itu, siapkan stamina fisik dan mental yang baik, karena pendakian ini akan banyak menguras fisik dan mental.

22.The Forest Island Batturaden

The Forest Island

Baturraden kembali memiliki tempat wisata baru. Tempat ini bisa dijadikan pilihan, pasalnya lokasi bersebelahan dengan The Village berada Jl. Baturraden KM 7, Baturraden.

Tempat ini menawarkan taman taman bunga yang indah. Selain itu juga ada kolam renangnya. Walaupun baru soft opening namun sudah banyak wisatawan berkunjung. Rencana juga ada Food Court.

Soft Opening telah dilakukan Sabtu Minggu, 7 - 8 April 2018 lalu. Tiket masuk weekend Rp 12.000, dan hari biasa Rp.7.000,- Buka Pukul 08.00 - 18.00 WIB

23.Curug Nangga

Curug Nangga

Curug Nangga terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Desa petahunan sendiri berdekatan dengan Desa Semedo, yang mana banyak orang menyebut dengan "Negeri Atas Angin". Curug Nangga menjadi pusat wisata baru buat warga Banyumas dan sekitarnya. Hal ini diakibatkan karena pesonanya yang sangat indah dengan 7 tingkatan air terjun.

Untuk menuju lokasi Curug Nangga berada, kita harus melalui beberapa jalan yang memang tidak seperti biasanya. Jika kita datang dari arah Purwokerto maka yang menjadi patokan adalah pangkalan ojek cikawung. Ya.. Pangkalan ojek ini berada tidak jauh dari Rumah Makan Sumber Alam Pekuncen. Letaknya berada di sebelah kiri jalan.

Sebelum pangkalan ojek Cikawung, terdapat jalan masuk menuju ke Desa Semedo dan Desa Petahunan. Itulah jalan dimana kita akan menemukan beberapa tanjakan yang cukup tajam selama perjalanan menuju Curug Nangga.

Waktu tempuh kurang lebih 15 menit untuk mencapai titik pemberhentian (parkir), dimana kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena medan menuju Curug Nangga tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Dalam perjalanan menuju Curug Nangga kita akan disuguhi dengan pesona alam nan indah juga asri. Semua tampak alami karena memang daerah sekitar Curug Nangga jarang terjamah oleh orang-orang. Bisa dibilang perjalanan dari tempat pemberhentian menuju curug nangga bisa kalian tempuh selama 30 menit. Jaraknya sendiri bisa mencapai 2-3 km dengan jalan yang menurun

Warga sekitar Curug Nangga yang selalu welcome kepada setiap pengunjung. Mereka yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata begitu ramah dan penuh canda tawa. Mereka juga sudah membangun beberapa warung kecil di sekitar jalan menuju Curug Nangga. Jadi kalau yang tidak bawa bekal, tidak usah khawatir karena disana tersedia dengan harga pun terbilang murah.

Demikian info wisata yang ada di Purwokerto,semoga membantu anda yang sedang bingung ingin berwisata kemana.

Share This Article :
Cp Blogger

5862519052608523480