Perjuangan aki Wahyudin dalam menafkahi keluarga - Wong Cipendok

Perjuangan aki Wahyudin dalam menafkahi keluarga


wongcipendok.com - Inilah sekilas potret kehidupan penduduk Cipendok,salah satunya perjuangan aki Wahyudin dalam menafkahi keluarga yang memilih profesi sebagai pembuat gula merah tradisional.

Banyaknya pohon kelapa yg tumbuh,sebagian penduduk Cipendok memanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian sehari hari yaitu produksi gula merah tradisional dari nira kelapa.



Meski profesi yang di jalani penuh resiko dan terlebih lagi faktor umur yang sudah menginjak 65th tidak membuat aki Wahyudin menyerah.

Demi keluarga,aki Wahyudin setiap pagi dan sore harus selalu siap naik turun pohon kelapa untuk mendapatkan air nira sebagai bahan utama pembuatan gula merah.

Di butuhkan sekitar 25 pohon kelapa untuk mendapatkan gula sekitar 10 kg,dengan harga per kg sekitar 5-6rb rupiah ke toko pengepul.

Bisa di bayangkan hasil tidak sebanding dengan resiko yg bisa saja terjadi bukan? Seperti yang pernah terjadi pada penduduk yang bermata pencaharian sama,yaitu pembuatan gula merah terjadi hal yang tidak di inginkan hingga harus meninggal jatuh dari pohon kelapa.

Terlebih saat musim hujan,resiko kecelakaan dalam memanjat pohon kelapa sangat rentan,bisa faktor licinnya pohon kelapa dan faktor alam,salah satunya Sambaran petir yang sempat menimpa beberapa orang yang tetap memanjat pohon kelapa saat musim hujan dan petir hingga tewas hangus dan jatuh.

Jika sobat melihat video di bawah,pastinya akan berfikir,betapa besar resiko yang akan terjadi jika saja lengah dalam memanjat,betul?



Dengan hanya bermodalkan sabit,Pongkor sebagai bahan penampung air nira dan modal kekuatan tangan dan kaki yang di gunakan tanpa alat pengaman aki Wahyudin sedang melakukan aktifitas memanjat pohon kelapa untuk proses pengambilan air nira.

Sangat beresiko,butuh tenaga extra dan kehati hatian dalam memanjat dan mengambil air nira kelapa tersebut.

Bagaimana menurut pendapat sobat Cipendok?meski beresiko,inilah salah satu pencaharian pokok penduduk sekitar wilayah Cipendok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel