Nutrisi AB Mix untuk tanaman hidroponik - Wong Cipendok

Nutrisi AB Mix untuk tanaman hidroponik

Bertanam hidroponik tidak di perlukan tanah,tetapi lebih fokus ke pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman agar bisa tumbuh optimal,salah satunya dengan menyiapkan nutrisi AB Mix,agar tanaman tercukupi kebutuhan nutrisinya dan tumbuh optimal.

Ada dua cara untuk membuat pupuk AB Mix,yaitu beli langsung dalam kemasan,cara ini lumayan praktis,karena sudah di sertakan petunjuk dalam kemasan dan yang kedua dengan cara meracik sendiri,yang pastinya lebih efisien dalam hal modal.

AB Mix
Contoh produk pupuk AB Mix



Dalam hidroponik di kenal dengan Nutrisi AB Mix,saat ini sangat mudah untuk mendapatkannya,bisa di toko peranian ataupun toko online,sehingga anda tidak perlu kuatir kekurangan pupuk tanaman.

Untuk totorial cara meracik AB Mix pun sudah banyak di youtube dan sangat membantu buat yang masih awam seperti admin ini,tidak bosan bosan buka youtube untuk mendapatkan tutorial hidroponik,berikut link video tutorial meracik AB Mix kemasan paket yang sempat admin lihat: https://www.youtube.com/watch?v=-s2EIyiQRkE ,atau video cara membuat AB Mix  sendiri bisa cek di sini: https://www.youtube.com/watch?v=X3QrBlpuEQM

AB Mix merupakan campuran antara pupuk A dan pupuk B. Pupuk A mengandung unsur kalium sedangkan pupuk B mengandung sulfat dan fosfat. Ketiga unsur ini tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak menimbulkan endapan.

Perlu diketahui bahwa akar tanaman hanya dapat menyerap nutrisi yang benar-benar telah terlarut dalam air.

Apabila nutrisi atau pupuk yang digunakan belum terlarut sempurna maka akan menyebabkan terhambatnya penyerapan unsur hara dan juga bisa menyebabkan terjadinya sumbatan pada pipa-pipa hidroponik.

Satu set nutrisi hidroponik yang terdiri dari pupuk A dan pupuk B mengandung 9.90% NO3, 0.48% NH4, 4.83% P2O5, 16.50% K2O, 2.83% MgO,11.48% CaO, 3.81% SO3, 0.013% B, 0.025% Mn, 0.015% Zn, 0.002% Cu, 0.003% Mo dan 0.037% Fe atau tergantung dari jenis tanamannya, apakah untuk sayur daun, buah atau lainnya.

Dalam tahap proses meracik AB Mix,Pekatan A dan B dalam penyimpanannya tidak dapat dicampur karena apabila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion sulfat dalam pekatan B akan terjadi reaksi yang menghasilkan endapan kalsium sulfat sehingga unsur Ca dan S tidak dapat diserap oleh akar.

Tanaman pun akan menunjukkan gejala kekurangan Ca dan S. Demikian juga apabila kation Ca dalam pekatan A bertemu dengan anion fosfat dalam pekatan B, akan terjadi endapan kalsium fosfat, sehingga unsur Ca dan P tidak dapat diserap oleh akar.

Keunggulan dari nutrisi hidroponik AB Mix ini adalah terdapat pada kelengkapan unsur haranya, sedangkan kekurangannya adalah dapat meyebabkan tanaman terbakar bila diberikan pada tanaman dalam dosis yang terlalu banyak (berlebihan).

Saat ini nutrisi hidroponik tersedia untuk berbagai jenis tanaman seperti paprika atau cabai, tomat, melon, timun, terong, selada, anggrek, mawar, krisan, anturium dan lain-lain.

Nutrisi hidroponik AB Mix bisa didapatkan dengan mudah di toko pertanian atau toko online. Harga pupuk AB Mix untuk ukuran 250 gram sekitar Rp. 30.000. Untuk ukuran 1 Kg harganya di kisaran 100 ribu rupiah.

Nutrisi memang pasti dibutuhkan oleh semua makhluk hidup tanpa terkecuali, begitu pula dengan tanaman. Baik yang menanam memakai tanah, atau dalam teknik hidroponik ini yang tidak menggunakan tanah, semuanya tetap memerlukan yang namanya nutrisi. Karena tanpa adanya nutrisi maka tanaman tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, jumlah atau kadar nutrisi yang didapatkan oleh tanaman juga harus tepat, tidak terlalu berlebih dan tidak kekurangan juga, sehingga pertumbuhan tanaman akan berjalan dengan lancar, baik secara vegetatif maupun generatif.

Unsur-unsur Nutrisi Tanaman
Pada dasarnya nutrisi bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro adalah unsur yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar, beberapa contoh unsur makro adalah Nitrogen, Fosfor, Kalium, Kalsium, Magnesium dan Sulfur. Sebaliknya, unsur mikro hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang secukupnya saja, beberapa diantaranya adalah Besi, Klor, Mangan, Seng, Boron, dan Molibdenum.

Setiap unsur tentunya memiliki fungsi masing-masing bagi pertumbuhan tanaman. Misalnya, Nitrogen dapat membantu tanaman untuk bertunas dan membentuk daun, Fosfor dapat membantu akar untuk melakukan penyerapan nutrisi, Kalium berguna saat proses fotosintesis dan untuk membentuk buah, dan lain sebagainya.

Selain takaran yang tepat, nutrisi juga harus memiliki kadar keasaman atau pH yang tepat sehingga dapat diserap dengan baik oleh tanaman. Pada umumnya kadar keasaman yang dibutuhkan oleh tanaman adalah antara 5,5 sampai 6,5 pH.

Nutrisi hidroponik ini bisa didapatkan dengan cara membelinya di toko-toko pertanian atau bisa membuatnya sendiri. Untuk para pemula yang baru belajar teknik hidroponik ini tentunya disarankan untuk membeli yang sudah jadi di toko, salah satu nutrisi yang sudah sering digunakan adalah pupuk AB Mix.

Dengan demikian, para pemula tidak perlu bingung untuk membuat sendiri dan bisa langsung memakainya. Namun sayangnya harga untuk pupuk tersebut agak mahal. Satu set pupuk yang bisa dipakai untuk 1000 liter larutan kira-kira seharga 80 ribu sampai 110 ribu rupiah. Sedangkan yang bisa membuat nutrisi sendiri dari campuran pupuk NPK, KCI dan Gandasil hanya mengeluarkan sekitar 30 ribu sampai 45 ribu rupiah saja untuk jumlah yang sama.

Meskipun harga pupuk cukup fluktuatif dan berubah-ubah tergantung kondisi, tetap saja akan lebih mahal jika kita membeli yang sudah jadi daripada membuatnya sendiri. Oleh karena itu jika anda ingin lebih menghemat biaya untuk nutrisi hidroponik, maka sebaiknya anda mempelajari cara untuk membuat larutan nutrisi hidroponik sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang beberapa racikan nutrisi hidroponik yang bisa kita buat sendiri.

Cara Membuat Pupuk AB mix sendiri

# Formula 1, untuk 10 L larutan

Alat dan Bahan:
  • Pupuk NPK 16 – 16 – 16 sebanyak 10 gr (bisa menggunakan pupuk NPK yang dijual di pasaran seperti NPK Mutiara sebanyak 1 sendok makan, atau jika Anda ingin meracik pupuk sendiri Anda dapat mempelajarinya di cara membuat pupuk gandasil di rumah)
  • Pupuk KCL 10 gr atau setara dengan 1 sendok makan
  • Pupuk Gandasil D – Growmore hijau sebanyak 1/2 sendok makan
  • Air sumur atau air sungai sebanyak 10 L (jika tidak memungkinkan, Anda dapat pula menggunakan air PDAM, namun sebelum penggunaannya, penting untuk mengendapkan terlebih dahulu selama 7 – 10 hari)
  • Ember atau tong tempat penampungan dengan kapasitas air sebanyak 10 L
  • Gelas plastik bekas air mineral sebanyak 3 buah
  • Timbangan
  • Alat pengaduk
Cara Membuat:
Isi 3 gelas bekas air mineral dengan masing-masing 100 ml air atau kurang lebih 1/2 gelas
Larutkan pupuk NPK, KCL, dan Gandasil pada masaing-masing gelas plastik. Pastikan ketiga pupuk tersebut  terlarut dengan sempurna pada masing-masing wadahnya
Setelah itu, masukkan ketiga larutan tersebut pada ember, tambahkan air sumur hingga mendapatkan larutan dengan volume mencapai 10 L (jadi tambahan air kurang lebih 9700 ml)
Aduk hingga rata maka formula tersebut sudah dapat digunakan sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman Anda.
Cara Penggunaan:

Untuk pertumbuhan vegetatif atau pertumbuhan tunas, Anda dapat menggunakan nutrisi AB mix ini pada tanaman sayur seperti  sawi atau kangkung. Sedangkan untuk tanaman cabe, Anda dapat menambahkan pupuk Urea sebanyak 10 gr, untuk tanaman sayur lainnya seperti terong juga mentimun, penambahan pupuk Urea yang dianjurkan adalah 15 – 20 gr pada larutan AB mix tersebut.
Untuk pertumbuahn generatif atau pertumbuhan bunga dan buah, Anda sebaiknya mengurangi komposisi pupuk Urea yang dicampurkan menjadi 50 % dari penambahan awal atau berkisar 5 gr untuk larutan AB mix 10 L, formula ini berlaku untuk tanaman cabe. Sementara untuk sayur jenis tomat, mentimun, dan terong penambahan Urea yang ideal adalah berkisar 7 gr untuk larutan AB mix 10 L dengan penambahan pupuk NPK sebanyak 50 % (15 – 30 gr / 10 L karutan), pupuk Gandasil D diganti dengan pupuk Gandasil B atau Growmore merah.
Sponsors Link


# Formula 2, untuk 1000 L larutan

Alat dan Bahan:

– Komposisi A:
  • Kalsium Nitrat sebanyak 1176 gr
  • Kalium Nitrat sebanyak 616 gr
  • Fe EDTA sebanyak 38 gr
– Komposisi B:
  • Kalium dihidrofosfat sebanyak 335 gr
  • Amnonium sulfat sebanyak 122 gr
  • Kalium sulafat sebanyak 36 gr
  • Magnesium sulfat sebanyak 790 gr
  • Cupri sulfat sebanyak 0,4 gr
  • Zinc sulfat sebanyak 1,5 gr
  • Asam birat sebanyak 4 gr
  • Mangan sulfat sebanyak 8 gr
  • Amonium hepta sebanyak 0,1 gr
  • 2 wadah dengan kapasitas 20 L

  • Air
Cara Membuat:

Larutkan komposisi A dan B pada wadah terpisah, masing-masing menggunakan air sebanyak 5 L
Aduk perlahan sampai larut dan sedikit demi sedikit ditambahkan air hingga mencapai volime 20 L pada masing-masing larutan. Kedua larutan ini akan menjadi stok
Cara Penggunaan:

Jika Anda ingin membuat 10 L larutan AB mix, maka ambil 200 ml larutan stok A dan 200 ml larutan stok B. Campurkan kedua stok tersebut dengan air sebanyak 9600 ml, maka nutrisi siap untuk digunakan.

Sumber info: 
http://www.kebunbunga.net/cara-membuat-nutrisi-hidroponik/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel